Berita Terbaru Bunda, buah hati Anda sering susah saat tidur? Sebuah ahli psikologi anak yang bernama Roslina Verauli, Mpsi bahwa anak yang mengalami susah tidur, yaitu karena ia memiliki perbedaan dalam pola dan proses tidur. Sehingga timbullah suatu perbedaan diantaranya ada yang mudah tidur, butuh distimulasi berlebihan agar bisa tidur dan ada pula yang sebentar-sebentar bangun kemudian gelisah. Nah, perbedaan tersebut itulah yang membuat buah hati sering susah tidur. Selain itu juga susah tidur ini bisa disebabkan karena beberapa alasan. Sehingga menimbulkan masalah susah tidur. Lantas, apa alasan yang menyebabkan si kecil ini susah tidur? Yuk, disimak ulasannya.

Si kecil Sering Susah Tidur, Ini Alasannya

Inilah beberapa alasan yang menyebabkan si kecil susah tidur

1.Tidak ada waktu tidur rutin
Menjadwalkan waktu tidurnya bisa membuat si kecil tahu bahwa ia harus istirahat. Sehingga jika waktunya tiba istirahat maka si kecil ini akan tidur. Nah, untuk itu bunda bisa membuatkan rutinitas yang bisa membuatnya mengerti bahwa ia kini harus tidur. Sehingga jika disuruh tidur si kecil ini tidak susah. Oleh karena itu bunda, supaya si kecil ini tidak mengalami masalah susah tidur. Pada saat usianya 4 tahun harus diajarkan rutinitas menjelang tidur. Sehingga tidurnya bisa teratur dan disiplin.

2.Terlambat tidur
Bunda ada sebagian anak yang sering mengalami keterlambatan tidur. Masalah yang dialami oleh anak ini sering kali karena ia ingin mendengarkan cerita lebih banyak. Nah, jika hal ini terjadi pada sang buah hati bunda maka Anda harus menemuinya. Lakukan kunjungan pendek pada si kecil agar ia bisa mengerti bahwa sekarang waktunya untuk tidur. Karena jika ia terlambat tidur bisa membuatnya ngantuk saat belajar di sekolah. Selain itu juga tidak baik untuk kesehatan dan daya konsentrasinya berkurang saat menerima pelajaran.

3.Kurang tidur siang
Bunda, jika si kecil terlalu asyik mainnya hingga lupa tidur siang. Biansanya yang sering terjadi pada saat tidur malamnya sering sulit. Nah, agar hal ini tidak terjadi pada si kecil maka biasakan setiap siang hari tidur. Sedangkan waktu tidur siang yang dibutuhkan untuk si kecil ini sekitar dua sampai tiga jam. Nah untuk itu ajarkan untuk selalu tidur siang bunda pada si kecil. Supaya pada saat malam tidurnya tidak susah dan ia mudah terlelap.

Nah, itulah tadi beberapa alasan susah tidur yang sering dialami oleh si kecil. Sebenarnya masih banyak alasan lainnya yang membuat susah tidur. Semoga informasi yang kami berikan tentang alasan si kecil susah tidur bermanfaat.