Nasib dan masa depan tidak ada yang tahu. Begitu juga dengan beberapa nama pesepakbola terkenal yang di masa kecilnya menjadi anak gawang. Mungkin tidak banyak orang yang tahu siapa dan bagaimana mereka di masa lalu.

Menjadi pemain sepak bola yang andal membutuhkan proses. Bakat saja tidak cukup, harus disertai dengan tekad yang kuat dan kerja keras. Beberapa pemain dengan talenta hebat terkadang gagal bersinar karena mereka tidak memiliki mental yang tangguh.
Namun, pesepakbola yang baru saja memulai karir mereka dapat meniru Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Mereka memiliki kombinasi talenta dan mentalitas yang sama, serta dedikasi tinggi plus mau bekerja keras.
Tidak heran keduanya bisa bersaing di level tertinggi, bahkan disebut-sebut sebagai pemain sepakbola terbaik di dunia.
Tidak semua pesepakbola juga mendapat jalan mulus saat mengejar karier. Beberapa langsung dilihat oleh pencari bakat, atau memang memasuki akademi tim sepak bola. Tapi, ada juga yang melewati jalan berkelok-kelok, salah satunya dimulai dengan menjadi anak gawang.

Fabio Cannavaro

Mantan kapten tim nasional Italia di Piala Dunia 2006, Fabio Cannavaro menjadi pemain anyaman gol. Dia juga keluar dari akademi Naples.
Saat masih di akademi, Cannavaro sering melihat Diego Maradona bermain. Dia sukses ketika membela tim nasional Italia dan setiap klub yang dia perkuat.
Pada 2006, Cannavaro berhasil mempersembahkan gelar Piala Dunia untuk Italia. Untuk pencapaian ini ia terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA.

Raul Gonzalez

Mantan pangeran Real Madrid, memulai karirnya sebagai gawang di klub saingannya, Atletico Madrid. Raul Gonzalez memang merupakan produk akademi Atletico Madrid.
Namun, Raul membuat kisah terbaiknya di lapangan hijau bersama Real Madrid. Dia mencetak 404 gol dalam 940 pertandingan di semua kompetisi.

Mateo Kovacic

Bintang tim nasional Kroasia Mateo Kovacic memiliki kesempatan untuk mengalami menjadi anak gawang. Saat menjalani profesi, ia sempat didamaikan oleh legenda Liverpool Steven Gerrard. Namun, kejadian itu tidak membuatnya bangkrut. Bertahun-tahun kemudian, ia berhasil menjadi pesepakbola papan atas.
Bersama dengan tim nasional Krosia, Kovacic berhasil melewati final Piala Dunia 2018. Prestasi itu tidak pernah diraih oleh Gerrard dengan tim nasional Inggris.

Wesley Sneijder

Wesley Sneijder juga memainkan peran sebagai anak gawang. Kariernya setelah itu berjalan lancar membuatnya menjadi salah satu pesepakbola top Eropa.
Sneijder berhasil mengumpulkan 19 trofi dengan enam klub berbeda. Dia juga termasuk dalam skuad Inter Milan ketika dia memenangkan treble pemenang 2010.
Sneijder juga mengoleksi 131 caps untuk tim nasional Belanda. Playmaker murni ini berhasil melewati tim nasional Belanda hingga final Piala Dunia 2010.

Philipp Lahm

Pria paspor Jerman berhasil mengumpulkan gelar Bundesliga, Dunia Piala dan Liga Champions sepanjang karirnya. Dia juga membawa ban kapten untuk memperkuat Bayern Munich dan tim nasional Jerman.
Dia bergabung dengan Bayern Munich sejak dia berusia 11 tahun dan sekarang telah menggantungkan sepatunya. Siapa sangka, ia juga pernah menjadi bocah gawang di akademi Bayern Munich.



Source link