Berita mengejutkan datang dari Barcelona. Raksasa Spanyol memutuskan untuk berpisah dengan Ernesto Valverde dan menunjuk Quique Setien sebagai pelatih pengganti baru.

Pada Selasa (14/1/2020) dini hari tadi, Barca mengumumkan melalui situs web resmi mereka dan akun media sosial bahwa Valverde bukan lagi pelatih mereka. Tidak lama kemudian, melalui situs resmi yang sama mereka juga mengumumkan nama Quique Setien sebagai pelatih baru.
Ada banyak pro dan kontra terkait dengan keputusan Barcelona. Namun yang paling menarik adalah apa yang spesial dari sosok Quique Setien hingga Barcelona memutuskan untuk menjatuhkan hatinya padanya.
Ketika Anda melihat bagaimana karirnya sebagai pelatih, Barcelona praktis satu-satunya tim besar yang pernah ia latih. Sebelumnya, Setien melatih tim yang lebih biasa-biasa saja.
Yah, menarik untuk melihat apa yang spesial dari pelatih berusia 61 tahun ini.
Dalam sebuah wawancara dengan The Coaches Voice, Setien mengungkapkan bahwa filosofi permainannya adalah memiliki sebanyak mungkin bola. Menurutnya, menguasai bola dalam permainan akan membuat para pemain senang.
Dalam pandangannya, pemain yang memiliki perasaan senang akan menampilkan kinerja yang lebih baik, dan itu penting dalam filosofi permainan yang ingin ia terapkan ke timnya.
"Kamu melakukan jauh lebih baik ketika kamu bahagia daripada ketika kamu tidak," katanya.
"Jika mereka memiliki masalah dan datang ke sesi latihan setiap hari, maka pesepakbola tidak akan mengekspresikan dirinya," lanjutnya.
"Memang benar bahwa pesepakbola yang sangat profesional akan melakukan apa pun yang kita minta. Tetapi ketika mereka lebih percaya diri dan merasa bahagia, adalah ketika mereka memiliki bola. Mereka semua menjadi pemain sepak bola karena mereka bermain dengan bola," katanya .
Mendengar komentarnya, tentu saja ada banyak harapan bahwa Barcelona akan kembali memainkan filosofi dan gaya permainan khas Blaugrana. Menguasai bola, menerapkan tekanan tinggi, umpan cepat dan presisi, dan yang paling penting, bermain bahagia
Sesuatu yang diklaim tidak terlihat di bawah kepemimpinan Valverde.
Selain filosofi itu, ada fakta lain yang juga bisa membuat Barcelona senang dengan sosok Setien, yaitu fakta bahwa ia adalah pengagum Johan Cruyff dan gaya sepak bola dari legenda Barca dan tim nasional Belanda.
Dalam sebuah wawancara, Setien tidak ragu untuk mengagumi Barcelona yang melatih Cruyff. "Saya ingat Cruyff Barcelona. Anda bermain melawan mereka, dan Anda menghabiskan seluruh waktu mengejar bola."
"Aku berkata pada diriku sendiri," Ini yang aku suka. Saya ingin berada di tim itu dan tahu mengapa itu terjadi. "
Jika sosok Cruyff adalah inspirasinya, dan filosofi permainan dapat dikatakan sangat cocok dengan gaya Barcelona, ‚Äč‚Äčtetapi bagaimana karier Setien selama ini?
Selama 19 tahun berkarier sebagai pelatih, dapat dikatakan bahwa statistik Setien tidak terlalu mencolok. Salah satu prestasi terbaiknya saat melatih sebuah tim adalah membawa Racing Santander ke La Liga pada tahun 2002.
Selain Racing Santander, tim yang juga merasakan tangan dinginnya adalah Lugo, yang telah membawa promosi dari divisi ketiga ke divisi kedua pada 2013. Mengikuti statistik lengkap Quique Setien seperti dikutip dari Transfermarkt.
Real Betis (Jul 2017-Jun 2019): 95 drama; 39 menang, 22 imbang, 34 kalah
Las Palmas (Okt 2015-Jun 2017): 78 drama; 26 kemenangan, 18 imbang, 34 kalah
CD Lugo (Jul 2009-Jun 2015): 258 drama; 97 menang, 83 imbang, 78 kalah
CD Logrones (Mei 2007-Jan 2008): 20 drama; 5 menang, 6 seri, 9 kalah
Guinea Ekuatorial (2006): 1 utama; 1 hilang
Poli Ejido (1 Jul 2003-17 Nov 2003): 13 drama; 2 menang, 4 imbang, 7 kalah
Racing Santander (Okt 2001-Jun 2002): 36 drama; 18 kemenangan, 10 imbang, 8 kalah
Sekarang, melihat statistik dalam karir kepelatihan Quique Setien, menarik untuk melihat ke depan bagaimana dia bekerja dengan tim seperti Barcelona. Tim dihuni oleh Lionel Messi, pemain yang sangat ia kagumi.
Posting Keuntungan Quique Setien untuk Tertarik Barcelona ditunjukkan sebelumnya di Topikindo.



Source link